Ajaibnya Golden Beads! Media Belajar Matematika yang Bikin Anak Kelas 1 SD Lebih Cepat Paham Penjumlahan
Matematika seringkali menjadi pelajaran yang
menakutkan bagi anak-anak. Namun siapa sangka, dengan media yang tepat, justru
pelajaran ini bisa menjadi menyenangkan! Salah satu media yang terbukti efektif
adalah Montessori Golden Beads. Sebuah penelitian terbaru di SD Negeri Surabaya
menunjukkan bahwa penggunaan media ini mampu meningkatkan kemampuan matematika
siswa kelas 1, khususnya dalam materi penjumlahan.
Foto 1. Ilustrasi Anak-anak belajar
matematika
Dalam penelitian tersebut, siswa yang menggunakan
Golden Beads menunjukkan peningkatan signifikan dalam hasil belajar mereka. Hal
ini dibuktikan dengan uji statistik menggunakan SPSS 27.0, di mana nilai
signifikansi (Sig. 2-tailed) sebesar 0,000 – jauh di bawah batas 0,05. Artinya,
ada perbedaan nyata antara hasil pretest dan posttest siswa setelah mengikuti
pembelajaran dengan media ini.
Golden Beads sendiri merupakan alat peraga
berbentuk manik-manik emas yang dirancang untuk membantu anak memahami konsep
bilangan dan operasi matematika dasar secara konkret dan menyenangkan.
Alih-alih hanya menghafal angka, anak-anak bisa menyentuh, mengelompokkan, dan
menghitung langsung dengan alat ini. Pengalaman belajar yang melibatkan indra
ini membuat konsep matematika lebih mudah dipahami dan diingat oleh siswa.
Penelitian ini juga sejalan dengan temuan dari
Vanessa (2024), yang menunjukkan bahwa penggunaan Golden Beads mampu
meningkatkan kemampuan numerasi anak usia dini secara signifikan. Bahkan,
Vanessa menekankan bahwa numerasi bukan hanya soal angka, tetapi juga berkaitan
dengan kesiapan mental, sosial, dan emosional anak.
Bukan hanya Golden Beads, model pembelajaran lain
seperti Word Square juga terbukti efektif dalam meningkatkan pemahaman siswa,
seperti yang ditemukan oleh Rachmayanti (2022). Intinya, media dan metode
pembelajaran yang kreatif dan menyenangkan terbukti mampu meningkatkan hasil
belajar anak-anak.
Kesimpulannya, penggunaan Montessori Golden Beads
menjadi alternatif cerdas dan menyenangkan dalam mengajarkan matematika. Media
ini bukan hanya membantu anak menghitung, tapi juga mengembangkan cara berpikir
yang lebih logis dan konkret. Jadi, para guru dan orang tua, mari manfaatkan
media ini untuk menjadikan belajar matematika sebagai pengalaman yang seru dan
membekas!
Kontributor : Muchamad Arif
Artikel berdasarkan penelitian Samsul Zainuddin dan Anisa Yunita Sari
Leave a Comment